Minggu, 07 Juli 2013

Penambangan Perak Dengan Metode Drift and Fill

Penambangan Perak Dengan Metode Drift and Fill
Tambang Greens Creek terletak pada ketinggian sekitar 300 m di atas permukaan laut. Di area ini terdapat fasilitas pabrik pengolahan bijih (mill) serta batch plant untuk pencampuran material isian (filling material), perkantoran, bengkel, gudang material, dsb. Portal utama untuk masuk ke tambang bawah tanahnya berada pada elevasi 280 m.
1.      Lorong Bukaan Mendatar (Tunnel)
Untuk mencapai lokasi zona-zona endapan bijih yang terpisah-pisah, dari portal utama tambang yang disebut 920 Portal Entry (berada pada elevasi 920 ft) dibuat lorong atau lubang bukaan mendatar (tunnel). Dari lorong ini kemudian dibuat beberapa lorong naik dan turun (ramp) menuju ke lokasi-lokasi dimana zona bijih berada.
2.      Lorong Bantu (Sublevel)
Beberapa lorong bantu (sublevel) selanjutnya dibuat tepat di samping endapan bijih. Ukuran penampang dari lorong-lorong ini umumnya seragam 15 ft tinggi x 15 ft lebar (4,5 m x 4,5 m). Jarak vertikal antara lorong-lorong bantu pada setiap zona bijih adalah 60 ft (18 m). Jumlah lorong bantu yang dibuat untuk setiap zona bijih disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan tinggi dari zona bijihnya.
3.      Akses Lombong(Stope Access) dan Lombong (Stope)
Penambangan dilakukan dengan membuat lubang bukaan mendatar dari lorong bantu menuju ke badan bijih (orebody). Lubang bukaan mendatar sebelum mencapai badan bijih disebut dengan akses lombong (stope access) dan setelah tepat berada pada badan bijih selanjutnya disebut dengan lombong (stope). Karena yang disebut dengan lombong ini pada dasarnya adalah lubang bukaan mendatar (drift) yang setelah selesai ditambang akan diisi dengan material isian, maka sistem penambangan ini disebut juga dengan Drift and Fill.
Ukuran penampang lombong yang sebenarnya adalah lorong mendatar, yaitu 12 ft tinggi dan 15 ft lebar (3,6 m x 4,5 m). Dengan demikian, dari setiap blok lorong bantu yang tebalnya 60 ft (18 m) akan ditambang dalam lima tingkat yang bergerak dari bawah ke atas. Tingkat paling bawah akan dibuka dengan membuat akses lombong dengan kemiringan (grade) negatif, sedangkan tingkat paling atas akses lombong akan berkemiringan (grade) positif, terhadap elevasi lorong bantu.
4.      Pengisian material Isian (Filling Material)
Setiap kali selesai dilakukan pelombongan (stoping) maka akan diikuti dengan pengisian material isian (filling material) yang berupa campuran pasir buangan (pasir tailing) dengan semen. Setelah dipadatkan dan mengering, maka akses lombong di atasnya telah siap untuk ditambang dengan ukuran tinggi dan lebar lubang bukaan yang sama. Demikian seterusnya penambangan bergerak dari bawah ke atas.
5.      Panel Primer dan Panel Sekunder
Karena lebar lombongnya adalah selebar lorong mendatar, maka dari setiap akses lombong yang membujur dapat dibuat banyak lombong yang melintang yang disebut dengan panel-panel, hingga selebar badan bijih. Panel-panel yang melintang ini dibedakan menjadi panel primer (primary panel) dan panel sekunder (secondary panel) secara berselang-seling. Panel-panel primer dibuka dan ditambang lebih dahulu, yang akan dilanjutkan dengan panel-panel sekunder setelah pada panel primer selesai dilakukan pengisian dan pemadatan sehingga setelah kering akan berfungsi sebagai dinding atau pilar bagi panel sekunder.

Dengan demikian maka pada setiap tingkat dari lima tingkat yang direncanakan dari setiap blok penambangan dapat memiliki beberapa permuka kerja (working face) pada saat yang sama. Hal ini memberi keluwesan (flexibility) dalam melakukan operasi penambangan bagi para pekerja dalam setiap gilir kerja (shift).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar